Senin, 21 Januari 2013

Bagaimana Membaca Label Kedaluwarsa pada Produk Makanan?



Bagaimana Membaca Label Kedaluwarsa pada Produk Makanan?
ANDA sering ragu dengan kelayakan makanan yang dibeli? Penyebabnya mungkin karena Anda dipusingkan dengan istilah-istilah asing pada kemasan makanan, yang sebenarnya menjelaskan istilah "kedaluwarsa".
Badan pengawas obat dan makanan berbagai negara mengharuskan produsen makanan untuk mencantumkan tanggal kedaluwarsa pada produk mereka. Tujuannya, membantu penjual menentukan berapa lama produk makanan bisa dipajang dan membantu pembeli mengetahui kapan makanan tersebut masih dalam kualitas terbaik untuk digunakan.
Ada banyak cara untuk mengklasifikasikan tanggal layak konsumsi makanan alias kedaluwarsa. Berikut penggunaan istilah yang populer untuk menjelaskan kedaluwarsa, seperti dilansir Eatbydate:
"Best Before Date" (terbaik sebelum tanggal)
Dari kacamata produsen, ini merupakan tanggal terakhir dimana makanan masih memilki rasa dan kualitas terbaik atau masih dalam masa optimal. Produk masih bisa digunakan setelah tanggal yang dicantumkan dalam kemasannya. Tambahan, jika produsen menuliskan tanggal "Best if Used By" atau "Best By", ini maksudnya kualitas makanan dapat berkurang setelah tanggal tersebut, tetapi makanan masih baik jika dimakan sebelumnya.
"Use by Date" (gunakan tanggal)
"Use by date" merupakan tanggal terakhir makanan masih memiliki kualitas, menurut produsen makanan. Istilah ini direkomendasikan oleh produsen makanan untuk mendapatkan "kualitas puncak" dari produknya. Jadi, Anda masih bisa memakannya meski lewat tanggal yang dicantumkan, hanya saja kemungkinan besar Anda tidak akan mendapatkan "kualitas puncak" dari produk tersebut.
"Sell by Date" (dijual pada tanggal)
Penyebutan "Sell by Date" yang tercantum pada produk makanan menunjukkan tanggal terakhir masa konsumsi makanan. Ini merupakan tanggal terakhir seharusnya toko menjual makanan tersebut. Setelah tanggal "Sell by Date", berarti produk tersebut harus disingkirkan. Meskipun produk makanan masih dapat digunakan setelah tanggal ini, Anda dianjurkan untuk tidak membeli produk ini jika "Sell by Date" telah lewat.
"Shelf life" (masa tahan)
"Shelf Life" dari makanan yang tertera mengacu pada kode umum (Use by Date, Sell by Date, and Best Before Date). Tanggal ini tergantung pada jenis kode yang digunakan dan jenis produk yang bersangkutan



http://mylifestylesa.blogspot.com/

Baca juga :